Sabtu, 17 Desember 2016

Langkah yang Benar Melakukan Manajemen Keuangan Keluarga

manajemen keuangan keluarga

Langkah yang Benar Melakukan Manajemen Keuangan Keluarga

Melakukan manajemen keuangan keluarga sebenarnya bisa dibilang susah dan bisa juga dibilang mudah. Mengapa dibilang susah? Karena Anda perlu mengetahui siklus masuk dan keluarnya biaya pada keuangan rumah tangga. Sedangkan bisa dibilang mudah karena jumlah uang yang diatur tidak sebanyak uang yang ada di kantor. Meskipun begitu untuk mengatur keuangan ini tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus diatur dengan penuh hati-hati. Apalagi jika Anda dan pasangan masih tergolong keluarga kecil yang baru. Tentunya belum banyak pengalaman dalam mengatur keuangan keluarga. Namun tak perlu khawatir karena informasi dibawah ini akan memberikan referensi pada Anda untuk mengatur keuangan keluarga agar lancar.
 

Beberapa langkah yang benar dalam mengatur keuangan keluarga kecil Anda adalah sebagai berikut:

 
· Catatlah segala keperluan rumah tangga Anda secara lengkap. Termasuk tagihan listrik, tagihan air maupun tagihan kartu kredit. Ini bisa memudahkan Anda dalam memetakan pendapatan bulanan.
· Jika perlu Anda juga bisa mencatat kebutuhan untuk beberapa bulan setelahnya. Jadi Anda bisa memiliki semangat untuk memenuhinya.
· Sebagai keluarga kecil yang baru, Anda tetap wajib untuk menyisihkan uang Anda. Uang tersebut bisa Anda jadikan sebagai tabungan maupun investasi. Hal ini sangatlah berguna untuk beberapa waktu mendatang.
· Sisihkan juga sedikit uang Anda untuk kebutuhan yang mendadak. Misalnya untuk menghadiri pesta kerabat atau keluarga.
 
Jika Anda mampu mengikuti tips pengelolaan keuangan keluarga diatas, bisa dipastikan keuangan keluarga kecil Anda bisa lebih baik. Selain itu untuk mengaplikasikan tips tersebut juga tidak susah dan sangatlah mudah sekali. Apabila pada awal membentuk keluarga kecil ini Anda sudah mampu mengelola keuangan, maka dipastikan kedepannya keluarga Anda akan terhindar dari belitan hutang.
 
Cukup membaca tips diatas saja, Anda sudah bisa melakukan manajemen keuangan keluarga dengan baik. Tak perlu menggunakan konsultan keuangan maupun sejenisnya. Karena menggunakan jasa mereka hanya untuk mengatur keuangan keluarga kecil Anda sangatlah merugikan. Lebih baik gunakan jasa konsultan tersebut saat Anda sudah memiliki perusahaan besar. Sekian tips ini dan semoga bisa memberikan referensi untuk Anda.